Setelah membaca dan mengikuti seminar Quantum Ikhlas, bahasan yang paling menarik bagi saya adalah yang berkaitan dengan teori fisika kuantum. Teori itu menyatakan bahwa sebagian besar materi semua benda itu terdiri atas ruang kosong!

Jadi kursi, meja, kertas, tas kresek, beton, besi, emas, berlian, dan semua benda di alam semesta ini, sebagian besar terdiri atas kekosongan. Benda itu pada hakikatnya hanyalah vibrasi-vibrasi energi! Jadi benda yang bisa kita raba itu hanyalah sebuah kesan kita saja! Perasaan kita saja bahwa benda itu terasa padat dan “nyata” ada. Subkhanallah, Allah Maha Suci.

Jadi ngapain mengejar dunia sampai stres? Yang kita kejar siang malam itu tidak ada, bayangan saja! Inikah yang disebut dengan kesemuan dan kefanaan dunia?

Jika benar bahwa semua benda ini hanyalah vibrasi energi, maka tenung akhirnya nanti dapat dijelaskan secara ilmiah. Perpindahan manusia secara sekejap dari satu tempat ke tempat lain, seperti certita-cerita orang sakti jaman dahulu, juga bukanlah mistis seperti yang kita kira selama ini. Fantasi transfer manusia dari satu tempat di pesawat ruang angkasa ke tempat lain dalam film Startrek tidaklah mustahil untuk diwujudkan.

Fisika kuantum saat ini memang belum bisa menjelaskan semua hal itu. Mungkin pada suatu hari nanti, atau tak pernah sama sekali. Wallahualam.

Advertisements