Pada suatu pesta Anda kepincut dengan salah seorang gadis. Anda ingin berkenalan. Tapi sebelum menyapanya, Anda ingin tahu, siapa sih dia? Diam-diam Anda mendekatinya, dan memotret “logo” di blusnya dengan ponsel Anda. Kebetulan logo itu tertempel di punggungnya.

Dalam sekejap Anda sudah tahu namanya, nomor kontaknya, sampai ke hobinya. Dan yang penting, Anda tahu dia masih jomblo!

Bagaimana Anda mengetahuinya? Anda baru mengunjungi halaman Facebook-nya.

Kok bisa? Dari “logo” yang Anda potret itu Anda bisa konek langsung ke Facebook-nya melalui ponsel Anda!

Ini bukan cerita khayalan dari sebuah film. Teknologi ini sudah ada di alam nyata. Bahkan sekarang Anda sudah bisa membeli t-shirt dengan “logo” atau semacam “barcode”. Ada perusahaan bernama W-41 yang telah membuat berbagai warna t-shirt dengan logo ini.

Logo itu tentunya merupakan kode yang di dalamnya mengandung alamat URL situs pemakainya, bisa halaman Facebook, blog, atau situs pribadi lainnya, bahkan juga mungkin alamat situs perusahaannya.

Begini Cara Kerjanya

Program aplikasi bernama ShotCode yang sebelumnya Anda instal di ponsel, PDA, atau peranti smartphone lainnya, akan memotret dan memindai barcode ShotCode. Dalam sekejap aplikasi ini mengoneksikan ponsel Anda dengan Internet dan menyalakan browser untuk menuju ke alamat situs yang “tersembunyi” dalam ShotCode tersebut.

Sekarang Anda sudah bisa membuat logo ShotCode untuk alamat situs yang Anda kehendaki di situsnya. Anda juga bisa download aplikasi ShotCode untuk ponsel Anda.

shotcodeorg

Aplikasinya

Teknologi mobile tagging semacam ini bukan barang baru. Menurut Wikipedia, sudah dikembangkan sejak 2003. Aplikasinya antara lain sudah dikembangkan di bidang pemasaran.

Apakah Anda akan memakai t-shirt dengan logo ShotCode itu untuk jalan-jalan di mall? Anda akan menjadi populer, tapi mungkin privasi Anda jadi terganggu.

Tapi mungkin bila t-shirt itu Anda pakai saat menghadiri suatu seminar – atau event terbatas semacamnya, dan Anda ingin menjalin relasi di situ, barangkali teknologi ini akan banyak memberikan manfaat. Tentu orang yang lain yang hadir di situ juga memakai baju yang sama.

Advertisements