Seperti juga WordPress, Joomla merupakan software CMS (content management system) yang gratis. Dengannya Anda dapat membuat website tanpa harus tahu pemrograman web seperti HTML. Anda tinggal download dan menginstalnya, jadilah sebuah web yang tinggal Anda isi.

Seperti juga WordPress, Joomla menyediakan aneka template. Aneka template tersedia, tidak hanya dari sisi desain, tetapi juga fungsi. Anda dapat memilih template untuk portal berita, untuk e-commerce, dan lain-lain.

Bila Anda ingin membuat website iklan baris, ada template untuk Joomla, yaitu AdsManager. Template ini akan menjadikan website Anda menampilkan iklan-iklan baris yang bergambar. Yang Anda lakukan hanya merancang menu-menunya dan sedikit mengatur desainnya.

Kalau Anda berminat membuat situs iklan baris, ada buku yang bisa Anda pelajari: “Membuat Situs Iklan Baris berbasis Joomla!”. Panduannya relatif lengkap. Kalau Anda sebelumnya tidak familiar dengan Joomla, tidaklah masalah. Buku ini menjelaskannya mulai dari download software Joomla, memasangnya di PC lokal (sementara Anda belum menyewa webserver), sampai meng-upload ke server bila Anda sudah siap meng-online-kan situs Anda.

Buat situs iklan

Buku karangan D. Ardhy Artanto setebal 96 halaman ini diterbitkan oleh majalah InfoKomputer seharga Rp 25.000.

Advertisements